Siklus Perkembangan Sebuah Blog

 

         Ada Beberapa Fase atau Siklus Perkembangan Sebuah Blog – Apakakah anda pernah mendengar kisah para blogger yang mendulang puluhan, ratusan, hingga ribuan dollar setiap bulannya dari blog yang mereka kelola? Jangan-jangan salah satu alasan anda menjadi blogger karena inggin seperti mereka. Jika memang iya anda sudah berada di trek yang benar.
Tetapi apakah diantara anda juga banyak yang putus asa karena tidak juga mendapatkan dollar? Anda tidak perlu menyerah karena banyak sekali blogger yang seperti anda bahkan mereka tidak menyerah dan hasilnya mereka menjadi blogger yang sukses.
Tahukah anda bahwa orang-orang yang sukses dengan blog mereka masing-masing tidak membutuhkan waktu yang singkat untuk mendapatkan hal yang mereka inginkan? Setidaknya masing-masing dari blog mereka membutuhkan 4 fase atau siklus dalam perkembangannya. Inilah yang harus anda ketahui.

4 fase atau siklus perkembangan sebuah blog setelah dibuat yang harus anda ketahui

1. Fase Pendirian
Fase ini adalah fase yang di perlukan untuk membuat konten yang berkualitas (bermanfaat) dan fase dimana membentuk set up sebuah blog (Mendesain tampilan, mencari trafik, promosi blog, dll). Biasanya jumlah konten yang bermaanfaat bisa mencapai 50-100 artikel. Umumnya fase ini membutuhkan waktu sekitar 3-6 bulan dan fase inilah yang menjadi momok untuk blogger pemula karena kebanyakan blogger pemula yang gagal dalam fase ini, karena tidak sabar atau buru-buru menggunakan blognya untuk mencari uang.
2. Fase pertumbuhan trafik
Umumnya fase ini ditandai dengan meningkatnya trafik, komentar, pelanggan RSS, dan mulai bisa memperoleh penghasilan. Fokus yang harus dilakukan dalam fase ini adalah tetap terus menambah konten bermanfaat dan mencari backlink yang berkualitas. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapat backlink berkualitas salah satunya dengan menjadi blogger tamu diblog-blog terkenal atau artikel-artikel anda dibacklink oleh blog terkenal lainnya.  Fase pertumbuhan trafik ini biasanya membutuhkan waktu yang lama sekitar 6-12 bulan, dan cenderung lambat pertumbuhannya tetapi akan semakin konsisten.
Tips untuk fase ini:

  • Rencanakan mengirim 1 postingan blogger tamu tiap bulan pada blog-blog ternama.
  • Buatlah 1-2 artikel berkualitas (Pilar) setiap 1 minggu.

3. Fase Kematangan dan Monetisasi
Fase ini blog sudah memiliki hingga ribuan pengunjung setiap harinya atau trafik blog sudah mulai stabil dan ini adalah fase yang tepat untuk mulai menjadikan blog sebagi mesin uang (monetisasi), tinggal sesuaikan saja dengan bisnis yang akan anda cari, fase ini membutuhkan waktu 6-12 bulan.
4. Fase Pemeliharaan
Inilah fase yang sangat menyenangkan atau fase yang di rasakan semua blogger sukses, karena mereka tidak memerlukan kerja sekeras fase-fase sebelumnya. Dalam fase ini hanya melakukan pemeliharaan rutin untuk tetap eksis, waktu yang dibutuhkan tidak terbatas.
Sekarang berapakah umur blog anda? Jika blog anda belum memenuhi fase diatas maka belum saatnya anda menghasilkan uang dari blog anda. Intinya adalah menghasilkan uang dari blog anda memerlukan proses panjang bisa kita simpulkan tidak ada jalan pintas, jadi lalui fase-fase tersebut dengan tindakan yang benar dan sesuai dengan fase yang sedang berlangsung. Jadi nikmatilah fase yang sekarang sedang anda jalani.
Semoga pengetahuan diatas bisa menjadi motivasi anda untuk tetap konsisten dalam dunia blogging, semoga bermanfaat dan salam blogger.

Share This Post

Post Comment