Kenapa Kehamilan Kedua Berbeda dengan yang Pertama?

hamil sakit punggung

Kaum perempuan kerap bertanya mengapa di kehamilan kedua berbeda. Pada kehamilan pertama, perempuan berpikir semua berjalan baik. Tapi, jangan berharap semua mulus saat Anda hamil kedua kalinya.

Ketika seorang perempuan hamil, tubuh terasa berbeda dari hari ke hari terutama di trimester pertama kehamilan. Anda mungkin pernah mendengar beberapa perempuan yang mengeluh bahwa kehamilan kedua dijalani begitu sulit dan mood yang dirasai lebih buruk. Tapi ingat, memang tak ada kehamilan yang sama.

Bila Anda sedang hamil bayi kedua, masalah berbeda, Anda perlu bantuan dokter kandungan. Namun, jika masalah Anda tak besar seperti mual, pusing, kaki bengkak, ada beberapa masalah kesehatan lainnya yang bisa terjadi di kehamilan kedua Anda seperti dikutip Boldsky, Jumat (7/3/2014).

1. Sakit punggung

Ada kemungkinan Anda akan memiliki lebih banyak nyeri punggung dibanding kehamilan pertama. Jika Anda tak melakukan cukup latihan untuk mendapatkan otot perut kencang setelah kegiatan melahirkan yang terakhir, Anda akan sakit punggung selama kehamilan kedua.

2. Jauh lebih lelah

Ketika hamil untuk kedua kalinya, Anda tak memiliki waktu istirahat dan bisa jadi jauh lebih lelah. Menjaga anak saja akan membuat lelah dan sibuk. Minta bantuan pasangan karena Anda perlu mengurus diri sendiri selama kehamilan kedua.

3. Lebih khawatir

Seorang perempuan yang hamil anak kedua menunjukkan perubahan suasana hati yang berhubungan dengan kehamilan dan kekhawatiran terjadi di bulan awal yang ia tak lakukan di kehamilan pertama.

4. Stretch Marks

Pada kehamilan kedua, Anda akan memiliki lebih banyak stretch marks dibanding yang perama. Jadi, siap dengan bahan-bahan alami untuk menguranginya.

5. Buang air kecil

Anda tak perlu heran jika jadi sering ke toilet. Ini adalah salah satu hal yang terjadi di kehamilan kedua. Jangan terlalu khawatir karena anak kedua tampaknya jauh lebih rendah posisinya dibanding anak pertama yang mengakibatkan tekanan di kandung kemih Anda.

6. Sungsang

Lebih dari 80 persen perempuan memiliki bayi kedua dengan posisinya sungsang. Anda bisa menghindari dengan olahraga teratur dan menjaga tubuh tetap aktif.

7. Lebih cepat dibanding due date

Satu hal yang akan terjadi pada kehamilan kedua adalah kelahiran Anda lebih cepat. Kehamilan kedua berbeda dengan yang pertama dan waktu kelahirannya lebih pendek.

Share This Post

Post Comment