Cara WONGBODO Belajar Affiliate Marketing

teknik affiliate marketing
teknik affiliate marketing

Bagi para reader yang baru belajar bisnis online pasti bertanya-tanya apa itu affiliate marketing? sama halnya dengan kami saat baru belajar tentang bisnis online.

Hal seperti itu sangat wajar, karena kita harus mengetahui dan memahami hal tersebut terlebih dahulu jika akan memulai dan melakukan bisnis online.

Anda juga harus Memahami Affiliate Marketing jika akan memulai bisnis online bahkan sebelum menyediakan jasa atau menjual barang menggunakan media internet.

Karena di dalam hal menjalankan bisnis di internet anda akan butuh dengan sistem affiliate marketing. Penjelasan affiliate marketing sebenarnya sangat sederhana, adalah anda menjual produk orang lain dan akan mendapatkan komisi dari hasil penjualan anda tersebut.

Apa Yang Dimaksud Dengan Affiliate Marketing?

Jika anda ingin memulai bisnis online anda tidak harus mempunyai produk terlebih dahulu yang akan anda jual dengan menggunakan media internet, anda bisa bergabung dengan jaringan affiliate marketing yang disediakan oleh beberapa penyedia atau website yang menyediakan program affiliate marketing. Untuk hal tersebut, anda tidak perlu khawatir tidak menemukan layanan yang menyediakan affiliate marketing karena hal tersebut mempunyai dasar menguntungkan bagi affiliate marketer dan pemilik website.

Saya melakukan bisnis online pertama kali pada tahun 2009 dengan menjadi blogger dan memasarkan produk orang yang menyediakan sistem affiliate markering. Rata-rata dari mereka dengan menggunakan sistem cookies yang menyimpan tracking link dari website saya dan menyimpannya selama tiga hingga enam bulan dan bahkan ada yang terus menyimpannya. Jadi saat orang melakukan transaksi dengan menggunakan reff link yang saya bagikan makan akan mendapat komisi dari penyedia program affiliate tersebut. Masih bingung ya?, nanti akan saya jelaskan lebih detail tentang cara kerja affiliate marketing ini.

Apa Keuntungan Affiliate Marketing Bagi Penyedia?

Pemilik website atau website yang menjual produk atau jasa yang menyediakan program affiliate markting ini tentu bisa diuntungkan oleh affiliate marketer yaitu anda yang mempromosikan produk mereka ke banyak orang dengan cara anda membuat promo untuk produk tersebut. Denga dibantu oleh affiliate marketer yang melakukan pemasaran online dengan menggunakan berbagai metode yang dikuasai dan memasarkan produk tersebut lebih gencar dibanding dengan penyedia melakukan promosi sendirian, maka akan membuat produk penyedia akan banyak dikenal oleh masyarakat dan tentunya produk tersebut menjadi terkenal, karena bukan hanya seorang atau dua orang saja yang melakukan dan menjalani profesi sebagai affilite marketter.

Dengan ini anda harus benar-benar memahami tentang sistem kerja affiliate marketing jika anda akan dan berencana untuk melakukan bisnis online dan anda harus benar benar mekaukan atau belajar affilite marketing sebelum anda melakukan hal lain atau belajar bisnis online yang baik.

Apa Keuntungan Affiliate Marketing Bagi Publisher ?

Dengan mengikuti jaringan affilite marketing, tentunya anda sebagai pemasar produk tersebut akan mempunyai keuntungan yaitu mendapatkan penghasilan tanpa harus memiliki atau membuat produk terlebih dahulu. Anda tidak akan terbebani oleh rumitnya menangani penjualan langsung dan pengadaan barang dan bahkan anda tidak perlu memiliki tempat atau gudang untuk melakukan bisnis online dan tidak dipusingkan dengan biaya menggaji karyawan setiap bulannya. Karena semua itu sudah ditangani oleh si penjual dan merupakan yang bertanggung jawab. Yang perlu anda lakukan satu-satunya adalah bagaimana caranya anda melakukan pemasaran atau mempromosikan produk yang disediakan oleh penyedia atau penjual, jika orang yang membeli produk tersebut melalui link affiliate marketing anda, maka anda akan mendapatkan komisi dari pemilik produk tersebut.

Sistem Kerja Affiliate Marketing

Pada dasarnya, prinsip kerja affilite markeing ini kita telah mengetahuinya. Kenapa saya mengatakan kita telah mengetahuinya, karena memang pada dasarnya sistem kerja affiliate marketing ini menjadikan anda sebagai seorang perantara atau sales dalam sebuah transaksi yang terjadi.

Jika diambil contoh dalam dunia offline anda menjadi seorang sales atau perantara menjual sebuah mobil dengan memberikan no telepon kepada si pembeli yang berfungsi untuk berkomunikasi dan menawarkan mobil tersebut, maka jika terjadi transaksi antara pembeli yang anda kenalkan dengan si penjual, anda akan mendapatkan komisi.

Namun bedanya dengan affilate marketing di internet adalah anda akan mendapatkan sebuah link atau URL khusus dari si penyedia affiliate marketing, biasanya anda terlebbih dahulu harus mendaftar di website penyedia layanan agar bisa mendapatkan link affiliate tersebut. Bahkan ada juga penyedia yang mewajibkan affilite marketer untuk membeli produk dulu sebelum bisa menjadi agen affiliate mereka, hal tersebut biasa ditujukan untuk affiliate marketer lebih mengenal produk mereka.

Hal yang paling penting adalah anda harus mengetahui ketentuan dan layanan dari si penyedia program affiliate marketing, karena tidak sedikit ada yang salah kaprah dan hanya karena tidak membaca dan memahami ketentuan layanan yang disediakan oleh penyedia.

Kesimpulan

Jika saya tarik kesimpulan tentang affilate marketing dan berbagai keuntungan bagi marketer dan penyedia program affiliate marketing danalm melakukan bisnis online dan sistem kerja affiliate marketer ada beberapa poin, adalah sebagain berikut:

  • Siapa saja bisa menjadi affiliate marketer
  • Menjadi affiliate marketer bisa menjadi latihan cara jualan di internet
  • Affiliate marketer akan mendapatkan penghasilan tanpa harus mempunyai produk
  • Keuntungan bagi penyedia adalah produknya akan lebih banyak dikenal masyarakat

Jika anda mempunyai pandangan lain atau pertanyaan, silahkan menambahkan hal tersebut di komentar agar kita bisa saling berbagi ilmu.Affiliate Marketing

Share This Post

Post Comment