Mau Menaikkan PageRank Blog ?

Cara umum menaikkan PageRank (PR)

Google-PageRank

Yang pertama kita harus mempelajari atau mengetahui tentang BACKLINK Ada dua macam backlink

1. Backlink Nofollow

Backlink nofollow merupakan link yang tidak memberikan pagerank juice ke blog tujuan. Backlink Nofollow hampir tidak memiliki SEO Weight tetapi para pakar SEO mengaktakan bahwa backlink nofollow tetap berguna dalam dunia SEO

2. Backlink Dofollow

Backlink dofollow adalah link yang memberikan pagerank juice ke blog tujuan. Backlink Dofollow sangat berguna dalam SEO dan dapat meningkatkan PageRank blog tetapi jika banyak Backlink sampah ( ber PR 0 ) maupun Backlink buatan ( Baik dari Paid link,Free link [ Jasa membuat backlink secara gratis ] Dummy Blog ) maka justru akan merusak / mengganggu SEO nya suatu Blog.

Anda mendapat PageRank karena ada situs yang memberi link ke blog anda.
Terdapat 2 Jenis PageRank, yaitu :

1. PageRank Blog / Homepage : PageRank yang dimiliki suatu blog karena ada situs yang menautkan linknya ke blog itu, terdapat perbedaan pagerank dari website dengan www maupun tidak, jadi jika ingin memeriksa PR, terlebih dahulu periksa dengan www, setelah itu baru tanpa ( buat yang menggunakan blogger / blogspot dan menggunakan custom domain biasanya PR tertinggi berada dengan yang menggunakan www )
2. PageRank Posting : PageRank yang dimiliki oleh bagian dari suatu blog, biasanya berupa posting / post atau artikel  yang termuat. Memiliki PageRank karena inbound link ( link dari blog sendiri ) dari Homepage atau artikel lain yang sejenis maupun bersambungan.

Nah setelah mengerti apa itu pagerank, lalu bagaimana cara meningkatkan PageRank ?

1. Inbound link

Sudah dijelaskan diatas, bahwa anda mendapat pagerank di posting anda karena adanya inbound link, apa maksudnya inbound link secara detail ? Inbound link berarti link ( dofollow ) yang berasal dari blognya sendiri. Lalu apakah berguna ? Ya jelas, anda memberi pagerank juice ke artikel lain dan mendapat pagerank juice lebih besar dari yang anda berikan karena biarpun PR 0 ( Pagerank posting ) tetap bisa menambah PR anda ( meskipun sulit ).

2. Social Bookmark

Ya Social bookmark merupakan hal yang sangat penting. Banyak sekali social bookmark yang dofollow salah satunya digg kalau yang Indonesia adalah lintas.me . Anda dapat mendapat pagerank juice secara gratis dari mereka tentu jangan membabi buta. Karena sekali google mendeteksi unnatural link ( link yang tidak natural seperti : ilegal, banyak PR 0, didapat dari jasa gratis maupun paid link ) , maka jangan harap PageRank anda bertahan atau lebih baik dikatakan PageRank dimulai dari 0 lagi.

3. Social Network

Saya tidak membicarakan backlink dari Social Networking seperti Facebook maupun Twitter, tetapi yang lebih saya tekankan adalah SEO nya. Facebook merupakan website dengan PR 8, lalu bayangkan gimana jika anda mendapat link dari mereka ? Tentu sudah ada yang namanya Social Rank atau EdgeRank ( Facebook ). EdgeRank merumakan cara Facebook dalam Merangking status yang dibuat pengguna Facebook dan Social Rank adalah Cara Search Engine Merangking sesuatu berdasarkan Nilai Social Medianya

4. Trust Link

Apa itu Trust Link ? Trust link merupakan link dari website terkenal dan ber PR tinggi ( definisi Trust Link masih samar-samar ). Jika anda dapat mendapat link dari website terkenal seperti Wikipedia, DMOZ, website berdomain .edu dan .gov maka anda mendapat Trust Link. Trust Link adalah tolak ukur kepercayaan suatu website kepada Search Engine. Tidak diketahui apakah Google menggunakan metode ini tetapi mengingat Google menggunakan 100 algortima untuk merangking website, maka mungkin termasuk kan ? Jika tidak tetep mendapat backlink kan :).

Cara Khusus Menaikkan PageRank

1.   Membuat Artikel yang bagus dan topik yang bagus juga

Jika anda membuat artikel yang bagus sekali, maka tentu saja banyak yang copas dan memberi link kepada anda. Tentu ini akan meningkatkan PageRank anda.

2. Optimalkan SEO anda

Jika blog anda sangat SEO friendly, maka tentu Google akan mudah mengindeks blog anda. Semakin SEO semakin no 1. Kalau sudah begitu banyak orang mengakses blog anda dan mungkin copasser dapat memberi link juga bukan ?
Baca kembali 7 Langkah SEO yang Perlu dilakukan Blogger

3. Percepat Loading Blog

Terkadang anda kehilangan Visitor karena Loading blog anda lambat sekali, anda seharusnya mengkompress CSS dan menggabung Javascript agar semakin cepat Loadingnya. Apalagi Google akan memberikan penalty jika loadingnya sangat lama. Menurut pakar SEO, 1 detik lebih lama dapat mengurangi visitor 20% dan SEO sekitar 6%. Anda dapat mengeceknya kecepatan loadingnya dengan mengkses artikel sebelumnya: Cara mengetahui Kecepatan loading Blog

Share This Post

Post Comment